Kamis, Januari 15, 2009

Penjualan Motor 2008 Tembus 6,216 Juta Unit

Kamis, 15 Januari 2009

JAKARTA. Krisis finansial yang melanda Indonesia sejak tiga bulan terakhir di 2008 ikut mempengaruhi daya beli konsumen di sektor otomotif. Salah satu bukti, pengajuan kredit konsumen untuk memiliki motor ikut turun hingga 20 %. Hanya saja, pengaruh penurunan daya beli ini belum mempengaruhi penjualan motor sepanjang 2008.

Tingkat penjualan motor sepanjang tahun 2008 berhasil menembus angka 6,21 juta unit. Jumlah tersebut naik 13% dibanding tahun 2007 yang hanya mencapai 5,5 juta unit.

Dari angka tersebut, penjualan motor Honda mengalami kenaikan 35% menjadi 2,874 juta unit di 2008 dibanding tahun lalu. Pada 2007, Honda hanya mampu membukukan penjualan sekitar 2,14 juta unit. "Dengan prestasi ini, market share kami secara nasional juga meningkat dari 44 % menjadi 46,2 %," kata Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman, Kamis 15/1 di Jakarta.

Secara umum, Honda memang menjadi market leader untuk penjualan motor secara nasional. .Posisi kedua ditempati oleh Yamaha dengan penjualan 2,465 juta unit dengan menggenggam 39,7 % pangsa pasar. Posisi ketiga ditempati oleh Suzuki dengan penjualan 793.753 unit dengan mengempit 12,8 %. Sisanya, diperebutkan merek lain seperti Kawasaki dan beberapa merek China dengan total penjualan 82.744 unit.

Pada tahun ini, Honda menargetkan terjadi kenaikan market share dari 46% hingga 48%. Hanya saja, Honda harus menghadapi masalah lain. Yaitu, penjualan motor nasional di tahun ini diperkirakan bakal melorot 40 % atau sekitar 4,5 juta unit.

Oleh sebab itu, pada 2009, Honda akan menaikkan harga jual motornya sebesar 2% sampai 2,5%. Besaran kenaikan itu tergantung dari jenis motornya. Dan kenaikan akan sudah terjadi sejak Januari ini pada semua varian Honda. "Untuk kenaikan selanjutnya kami masih memprediksikan situasi pasar saat ini," tandasnya.

Sementara itu, General Manager Promotion and Motorsport Yamaha Motor Kencana Bambang Asmara Budi juga bilang penjualan Yamaha juga mengalami kenaikan di 2008 dari tahun sebelumnya sebesar 30 % atau 2,4 juta unit. Penjualan motor di 2007 hanya mencapai 1,8 juta unit saja. "Dari penjualan 2008, kontribusi terbesar disumbang oleh skuter Mio dengan 35 %, bebek Jupiter 30 %, Vega R 20 % dan sisanya motor sport," tandasnya.

Kenaikan tersebut secara otomatis juga membuat market share Yamaha meningkat dari sebelumnya 37% menjadi 39% pada tahun 2008. Nah pada 2009 mereka akan menargetkan kenaikan market share menjadi 40 %.

Untuk mencapai target, Yamaha sudah menyiapkan beberapa strategi. Diantaranya menggarap komunitas Yamaha yang sudah terbentuk dan menaikkan harga jual produk sebesar 2 %.

www.kontan.co.id

Tidak ada komentar: